Mahasiswa Papua dan KNPB Konsulat Indonesia Gelar Aksi Damai di Tomohon, Sulawesi Utara. - WARTA GLOBAL PAPUA

Mobile Menu

Top Ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

Berita Update Terbaru

logoblog

Mahasiswa Papua dan KNPB Konsulat Indonesia Gelar Aksi Damai di Tomohon, Sulawesi Utara.

Kamis, 28 Desember 2023


Tomohon, WARTAGLOBAL.id - Memperingati Hari Tiga Komando Rakyat (Trikora) yang dicanangkan oleh Presiden Sukarno pada 19 Desember 1961 di Jogya, mahasiswa Papua dan KNPB Konsulat Indonesia menggelar aksi damai di Kantor DPRD Kota Tomohon, Sulawesi Utara, pada Selasa (19/12/2023). Aksi ini dilakukan dengan tema 'Papua Barat Adalah Negara Berdaulat'.


Koordinator aksi, Hubert Hilapok, menyatakan bahwa mahasiswa Papua dan KNPB Konsulat Indonesia, bersama dengan KNPB Wilayah Konsulat Tomohon, KNPB Wilayah Konsulat Nyiur Melambai Manado, KNPB Wilayah Konsulat Minahasa Raya, dan KNPB Wilayah Konsulat Minahasa Utara, melakukan aksi damai untuk menuntut kembali kemerdekaan bangsa Papua yang diyakini direbut melalui dekrit pertama Presiden Ir. Sukarno yang dikomandoi dengan Tri Komando Rakyat.


Massa aksi berkumpul sesuai dengan ajakan dalam selebaran yang dibagikan oleh koordinator lapangan di Asrama Mahasiswa Papua Kamasan VIII di Tomohon. Pada pukul 8 pagi waktu setempat, mereka menuju Kantor DPRD Kota Tomohon yang diawalinya dengan pengawalan aparat TNI dan Polri.



Sesampainya di Kantor DPRD Kota Tomohon, massa aksi melakukan orasi politik yang disampaikan oleh perwakilan dari tujuh wilayah adat di tanah Papua. "Setelah itu, pengurus KNPB Konsulat Indonesia membacakan statement politik yang disiapkan secara umum," kata Hubert.


Setelah menyampaikan aspirasi kepada pihak DPRD Kota Tomohon yang diterima oleh Sekwan DPRD Kota Tomohon pada pukul 12.10 WITA, massa aksi meninggalkan kantor DPRD secara tertib dan kembali ke Asrama Kamasan VIII Tomohon. Aksi damai ini merupakan bentuk peringatan dan tuntutan terhadap peristiwa sejarah Trikora serta ungkapan keinginan untuk meraih kemerdekaan Papua yang dinilai telah direbut pada masa lalu.


KALI DIBACA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar